SOSIALISASI PENGGUNAAN APE KELAS AWAL DI SD CITRA BAKTI

Authors

  • Konstantinus Dua Dhiu Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Yasinta Maria Fono

DOI:

https://doi.org/10.38048/imedtech.v7i1.285

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memperkenalkan kepada guru dan murid tentang penggunaan media pembelajaran yaitu dalam bentuk Alat Permainan Edukatif (APE). Sosialisasi ini diharapkan agar guru mampu meningkatkan keterampilan dalam menciptakan alat permainan edukatif yang beragam yang disesuaikan dengan materi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa kelas awal dalam peroses pembelajaran tersebut. Kelas awal di SD Citra Bakti sendiri terdiri dari kelas 1, 2, dan kelas 3. Pada fase ini, guru sangat membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar yang salah satu bentukanya adalah APE. APE mengandung kesesuaian dengan kebutuhan dan indikator capaian kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, memiliki kemudahan dalam penggunaannya, serta meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar. Kegiatan pengabdian dalam bentuk sosialisasi ini, dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama sosialisasi penggunaan APE pada tingkat SD kelas awal di SD Citra Bakti dan tahap kedua yaitu penyerahan hasil pengembangan APE kepada SD Citra Bakti. Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat tentang sosialisasi penggunaan APE kelas awal di SD Citra Bakti ini, dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam menciptakan APE yang semakin beragam, dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa SD kelas awal di SD Citra Bakti.

Author Biography

Konstantinus Dua Dhiu, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

LPPM STKIP Citra Bakti

Additional Files

Published

2023-07-01

How to Cite

Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2023). SOSIALISASI PENGGUNAAN APE KELAS AWAL DI SD CITRA BAKTI. IMEDTECH (Instructional Media Design and Technology) E-ISNN 2580-6033 , 7(1), 20–29. https://doi.org/10.38048/imedtech.v7i1.285

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)