PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERPIKIR SIMBOLIK BERBASIS VIDEOSCRIBE DALAM SETTING PANDEMI COVID 19 ANAK USIA DINI KELOMPOK UMUR 5-6 TAHUN DI KABUPATEN NGADA
DOI:
https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i2.278Abstract
Penelitian pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media audio visual dalam format video scribe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan design and development (DDR). Model pengembangannya adalah model pengembangan produk Multimedia Pathways dari Cathie Sherwood. Model ini memiliki beberapa langkah: (1) fase awal, (2) fase spesifikasi produk, (3) fase desain produk, (4) fase produksi, (5) fase review dan evaluasi, dan (6) pengiriman dan implementasi. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam studi pengembangan ini adalah kuesioner dan checklist untuk empat sekolah PAUD di Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur. Survei digunakan untuk mengumpulkan peringkat ahli, dan daftar periksa digunakan untuk mengumpulkan data individu dan kelompok kecil. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengolah data dari profesional konten, profesional desain, profesional media, guru, individu, dan nilai tes kelompok. Teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah data dari kuesioner dan checklist dalam bentuk deskriptif persentase, namun hasil R&D untuk produk yang dikembangkan adalah sebagai berikut: Ahli Memenuhi Syarat Isi Sangat Valid (Nilai Rata-rata 93), Ahli Media Memenuhi Syarat Valid (Nilai Rata-rata 85,3), Ahli Desain Berkualifikasi Valid (Rata-rata 83,95), Jawaban Tes Berkualifikasi Sangat Valid (rata-rata 88,31) dan tanggapan dalam jumlah kecil tes kelompok dengan kualifikasi yang valid (rata-rata 85,8).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda diperbolehkan: Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.