Pengembangan Modul Ajar Bermuatan Coding yang dilengkapi dengan Video Animasi tema Alam semesta sub tema pelangi Anak Usia 4-5 Tahun di TKN Nazareth Were
DOI:
https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i2.276Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan video animasi bermuatan coding tema alam semesta sub tema pelangi sesuai dengan aspek kognitif anak usia dini 4-5 tahun di TKN Nazareth Were. (2) mengetahui kualitas hasil uji produk pengembangan modul ajar bermuatan coding tema alam semesta sub tema pelangianak yang sesuai dengan aspek kognitif anak usia dini usia 4-5 tahun di TKN Nazareth Were. Media yang dikembangkan adalah video animasi pembelajaran yang relevan dan terintegrasi dengan tema alam semesta sub tema pelangi untuk dijadikan media pembelajaran. Media video animasi bermuatan coding ini dikembangkan dengan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima langkah, yaitu (1) analyze, (2) design, (3) devloment (4) implementation, (5) evaluation. Hasil penelitian pengembangan modul ajar yang dilengkapi dengan video animasi pembelajaran bermuatan coding hasil uji coba ahli dan siswa sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut: (1) kualitas video animasi pembelajaran pada kelayakan isi berdasarkan uji coba ahli isi ada pada kategori “validâ€, (2) kualitas video animasi pembelajaran bermuatan coding berdasarkan hasil uji coba ahli desain pembelajaran ada pada kategori “validâ€,  (3) Kualitas Video animasi pembelajaran Bermuatan Coding berdasarkan hasil uji coba ahli media ada pada kategori “validâ€, (4) kualitas media video animasi pembelajaran bermuatan coding berdasarkan hasil uji coba perorangan ada pada kategori “Valid†(5) kualitas media video animasi bermuatan coding berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil ada pada kriteria “validâ€, (6) kualitas video animasi pembelajaran bermuatan coding berdasarkan hasil uji coba ahli media dan ahli desain pembelajaran terhadap modul ajar ada pada kriteria “validâ€. dan (7) kualitas video animasi pembelajaran bermuatan coding berdasrkan hasil Uji coba Ahli materi, perorangan, dan kelompok kecil terhadap modul ajar ada pada kategori “sangat Validâ€. Metode analisis data ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis statistic deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan instrument angket yang diperoleh dari ahli isi, ahli desain, ahli media, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dalam bentuk deskriptif presentase. Dengan demikian hasil uji ahli dan siswa sebagai pengguna produk dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif dinyatakan layak digunakan untuk anak usia 4-5 tahun di TKN Nazaret Were.
Kata kunci: pengembangan video animasi pembelajaran bermuatan coding, kemampuan kognitif. Â
Â
ABSTRACT
Â
This study aims to: (1) produce an animated video containing coding for the rainbow sub-theme universe theme according to the cognitive aspects of early childhood 4-5 years at TKN Nazareth Were. (2) determine the quality of the test results for the development of teaching modules containing the coding of the universe theme, the sub-theme of Pelangi, which is in accordance with the cognitive aspects of early childhood aged 4-5 years at TKN Nazareth Were. The media developed is an animated learning video that is relevant and integrated with the rainbow sub-theme universe to be used as learning media. This coding-laden animation video media was developed using the ADDIE model. This model consists of five steps, namely (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. The results of research on the development of teaching modules equipped with learning animation videos containing coding results from expert trials and students as product users are as follows: (1) the quality of learning animation videos on the feasibility of content based on content expert trials is in the "valid" category, (2 ) the quality of the learning animation video containing coding based on the test results of the learning design expert is in the "valid" category, (3) the quality of the learning animation video containing the coding based on the test results of the media expert is in the "valid" category, (4) the quality of the animated video media learning containing coding based on the results of individual trials is in the "Valid" category (5) the quality of animated video media containing coding based on the results of small group trials is in the "valid" criteria, (6) the quality of learning animation videos containing coding based on the results of expert trials media and learning design experts on teaching modules are on the "valid" criteria. and (7) the quality of the learning animation video containing coding based on the results of the Material Expert Trial, individuals, and small groups on the teaching module is in the "very valid" category. Thus the results of expert tests and students as users of products in the learning process to improve cognitive abilities are declared suitable for use for children aged 4-5 years at TKN Nazaret Were.
Keywords: development of learning animation video containing coding, cognitive ability.
Â
Â
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda diperbolehkan: Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.