Pengembangan Modul Ajar Bermuatan Coding Fase Fondasi Tema Alam Semesta Sub Tema Tata Surya di TK Negeri Nazareth Were
DOI:
https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i2.275Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul ajar bermuatan coding fase fondasi tema alam semesta sub tema tata surya untuk anak usia 5-6 tahun, (2) Mengetahui kelayakan hasil uji coba produk modul ajar bermuatan coding fase fondasi tema alam semesta sub tema tata surya. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Nazaret Were, Desa Were 1, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu ahli materi pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, satu ahli desain pembelajaran, dan 5 (lima) orang anak usia 5-6 tahun TK Negeri Nazareth Were.Metode analisis data ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis statistic deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan instrument angket untuk ahli isi, ahli desain, ahli media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil dalam bentuk deskriptif presentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: media modul ajar bermuatan coding fase fondasi tema alam semesta sub tema tata surya dengan kelayakan berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh hasil dengan  presentase 90,66%  dengan kualifikasi “Sangat Validâ€, penilaian dari  ahli media pembelajaran memperoleh presentase 82,66% dengan kualifikasi â€Validâ€, penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 81,33% dengan kualifikasi “Validâ€, penilaian pada uji coba perorangan memperoleh presentase93,33% dengan kualifikasi “Sangat Validâ€, dan penilaian uji coba kelompok kecil memperoleh presentase75%dengan kualifikasi “Validâ€. Dari hasil diatas menunjukan bahwa media modul ajar bermuatan coding fase fondasi tema alam semesta sub tema tata surya layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif dalam berikir logis anak usia dini 5-6 tahun di TK Negeri Nazareth Were.
Kata kunci: pengembangan modul Ajar bermuatan coding
Â
ABSTRACT
This study aims to: (1) Produce teaching modules charged with the coding phase of the foundation of the universe theme, sub-theme of the solar system, for children aged 5-6 years, (2) Feasibility of test results for teaching module products filled with the coding phase of the foundation of the universe theme, Tata sub-theme Sun. This research was conducted at Nazaret Were State Kindergarten, Were 1 Village, Golewa District, Ngada District, East Nusa Tenggara Province. The subjects in this study were one learning materials expert, one learning media expert, one learning design expert, and 5 (five) children aged 5-6 years at Nazareth Were State Kindergarten. This data analysis method uses two data analysis techniques, namely qualitative descriptive analysis techniques and quantitative descriptive statistical analysis techniques, using a questionnaire instrument obtained from content experts, design experts, media experts, personal trials, and small group trials in the form of descriptive presentations.
The results of this study show that: the teaching module media contains the coding phase, the foundation of the universe theme, the solar system sub-theme with feasibility based on the results of the learning material expert test results with a percentage of 90.66% with the qualification "Very Valid", an assessment from learning media experts obtained a presentation 82.66% with the qualification "Valid", the assessment from the learning design expert obtained a presentation of 81.33% with the qualification "Valid", the assessment on private trials obtained a presentation of 93.33% with the qualification "Very Valid", and the assessment of group trials small get 75% prize with "Valid" qualification. The results above show that the teaching module media is filled with coding, the foundation phase, the theme of the universe, the sub-theme of the solar system, is suitable for use as a learning medium to help improve cognitive abilities in logical thinking for early childhood 5-6 years in Nazareth Were State Kindergarten.
Â
Keywords: teaching module development of coding content
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda diperbolehkan: Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.