PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERMUATAN CODING FASE FONDASI TEMA ALAM SEMESTA SUB TEMA BULANANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK NEGERI DOLUPORE

Authors

  • yulita wea pgpaud stkipcitrabakti
  • Gde Putu Arya Oka PG-PAUD STKIP Citra Bakti
  • Elisabeth Tantiana Ngura

DOI:

https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i2.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahu irancangan atau desain dan mengetahui tingkat kelayakan modul ajar bermuatan coding fase fondasi tema alam semesta sub tema bulan anak usia 5-6 tahun di Tkk Negeri Dolupore. Model yang digunakan model ADDIE yang terdiri dari 1) Anaiysis ( analisis), 2) Design (desain/perencanaan), 3) Develompme (pengembangan), 4) Implementation (implementasi/eksekusi) 5) Evaluation (evaluasi/umpan balik). Metode analisis data ini menggunkan dua teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan instrumen angket yang diperoleh dari ahli isi, ahli desain, ahli media, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, dalam bentuk deskriptif presentase. Hasil penelitian pengembangan modul ajar yang dilengkapi dengan video animasi pembelajaran, berdasarkan hasil uji coba ahli dan hasi uji coba perserta didik sebagai pengguna produk yaitu sebagai berikut (1) Untuk ahli desain memperoleh persentase 84% dengan kriteria “validâ€, (2) Untuk ahli media memperoleh persentase 83% dengan kriteria “valid†, (3) Untuk ahli materi memeproleh persentase 85,3% berada pada kriteria “validâ€, (4) Untuk uji perseorangan diperoleh hasil 75% dengan kateogori “validâ€, (5) Untiuk uji kelompok kecil diperoleh hasil 87,5% dengan kategori “sangat valid†denagn kesimpulan bahwa modul ajar dan dilengkapi dengan video animasi pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pengembangan Modul Ajara Bermuatan Coding Fase Fondasi Tema Alam Semesta Sub Tema Bulan.

 

Abstract

This study aims to find out the design and determine the feasibility level of the open module which contains coding for the foundational phases of the universe theme, the moon sub-theme, aged 5-6 years at Dolupore State Kindergarten. The model used is the ADDIE model which consists of 1) Analysis (analysis), 2) Design (design/planning), 3) Development (development), 4) Implementation (implementation/execution) 5) Evaluation (evaluation/feedback). This data analysis method uses two data analysis techniques, namely qualitative descriptive analysis techniques and quantitative descriptive statistical analysis techniques, using a questionnaire instrument obtained from content experts, design experts, media experts, pair trials and small group trials, in the form of descriptive presentations. . The results of the research on the development of teaching modules equipped with learning animation videos, based on the results of expert trials and the results of trials of students as product users, are as follows (1) For design experts the proportion gain is 84% with a "valid" mixture, (2) For experts the proportion of media obtained 83% with the criteria of "valid", (3) For material experts the proportion of 85.3% was in the "valid" criteria, (4) For individual tests, 75% results were obtained with the "valid" category, (5) For the small group test obtained 87.5% results in the "very valid" category with the conclusion that the teaching modules and learning animated videos were appropriate for use in learning.

 

Keywords: Development of Teaching Modules Loaded with Coding Foundation Phases Universe Theme, Moon Sub-Theme

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

wea, yulita, Oka, G. P. A., & Ngura, E. T. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERMUATAN CODING FASE FONDASI TEMA ALAM SEMESTA SUB TEMA BULANANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK NEGERI DOLUPORE. IMEDTECH (Instructional Media Design and Technology) E-ISNN 2580-6033 , 6(2), 111–119. https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i2.271

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>