Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Dasar Pada Materi Kebugaran Jasmani Melalui Media Interaktif
Sari
Penelitian in ibertujuan untuk mendesain dan memvalidasi kelayakan model bahan ajar pada materi kebugaran jasmani melalui media interaktif pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang berfokus pada pembuatan produk sehingga langkah- langkah penelitian disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan menjadi 7 langkah,yaitu:(1)penelitianproduk yang telah ada,(2) pengembangan produk,(3)validasi ahli I,(4)revisi produk I,(5)validasi ahli II, (6) revisi produk II,dan (7)produk akhir. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket skala nilai,lembar observasi dan dokumentasi penelitian yang dilengkapi dengan video simulasi penggunaan produk pada tahap validasi ahli. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan hasil penelitiannya yakni:(1)Produk akhir berupabahan ajar pada materi kebugaran jasmani melalui media interaktif berupa aplikasi bandicam media interaktif yang berisi materi aktivitas kebugaran jasmani yang dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar (2)Produk pengembangan memenuhi kategori “Sesuai danLayak” digunakan sebagai model latihan teknik dasar sepak kura, berdasarkan hasil uji validasi dari 3 orang ahli yaitu(ahli1=46.ahli2=44,danahli3=48)yang beradapada rentang kategori perhitungan(µ+1,0σ) ≤X= (37 ≤ X) atau Kategori Sesuai.
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v6i2.268
JURNAL IMEDTECH | eISSN 2580-6033 |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.