PEMANFAATAN VIDEOSCRIBE BERPIKIR SIMBOLIK MENGENAL BENDA-BENDA DI DI TKK SATU ATAP RUTOSORO
DOI:
https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i1.260Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Videoscribe Berpikir Simbolik Mengenal Benda-Benda Di Sekitarnya Dalam Setting BDR Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Satu Atap Rutosoro, Desa Ekoroka, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian anak kelas B yang berjumlah 4 orang anak. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode triangulasi, dimana peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data yang berbeda-beda, artinya data yang akan diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Metode analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan komponen-komponenya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan videoscribe berdasarkan fungsi sebagai sub komponen suplemen informan senang, semangat, penasaran. Sedangkan pada komplemen, manfaat media mampu membantu anak untuk semangat belajar, menambah pengetahuan dan mengembangkan kreativitas anak. Kemudian pada sub komponen substitusi, manfaat videoscribe untuk informan seperti memudahkan anak untuk belajar, lebih mudah memahami, menambah wawasan, membangkitkan semangat belajar anak dan menarik perhatian anak. Berdasarkan panduan, penggunaan videoscribe dilengkapi dengan buku panduan/pedoman, memenuhi standar kurikulum, mengetahui langkah-langkah dalam menggunakan videoscribe dan mengembangkan kreativitas anak. Berdasarkan sikap dan pola, dengan melihat tingkah laku anak persiapan sebelum menonton videoscribe, perilaku anak sebelum menonton videoscribe, perilaku anak selama menonton videocribe, dan perilaku anak setelah menonton videoscribe. Berdasarkan prosedur bagaimana anak-anak menggunakan videoscribe dan pemanfaat videoscribe berdasarkan minat  bagaimana ungkapan rasa senang anak-anak terhadap seperti meminta kepada guru untuk menayangkan kembali video tersebut, bernyanyi bersama mengikuti tayangan yang ada didalam video, perhatian anak-anak selama menonton yakni serius, tenang, kadang-kadang menganggu teman-temanya, tidur diatas meja dan kadang-kadang tertawa melihat gambar yang ada didalam video, ketertarikan anak-anak terhadap videoscribe seperti menonton berulang-ulang, selalu bertanya kepada guru, keterlibatan anak-anak dalam menggunakan videoscribe seperti mengamati, menceritakan kembali isi dari video tersebut sesuai dengan yang dilakukan sehari-hari dirumah, manfaat videoscribe bagi anak-anak yaitu mengembangkan kreativitas anak, menghilangkan rasa jenuh dan menarik perhatian anak-anak.
Pemanfaatan videoscribe berpikir simbolik mengenal benda-benda disekitarnya lebih optimal jika peneliti lebih sering menggunakan videoscribe dalam pembelajaran selamaBDR dengan menggunakan media video. Hal ini dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh dalam belajar serta membangkitkan semangat belajar anak.
Â
Kata Kunci : Pemanfaatan Videoscribe Berpikir Simbolik
Â
Abstrac
 This study aims to determine the use of Videoscribe in Symbolic Thinking to Recognize Surrounding Objects in BDR Settings for Children aged 5-6 Years at Rutosoro One Roof Kindergarten, Ekoroka Village, Golewa District, Ngada Regency. In this study, the author uses qualitative descriptive research with the research subjects of class B children, totaling 4 children. The research method of data collection used by the researcher is the triangulation method, where the researcher uses different data collection techniques, meaning that the data will be taken using observation, interviews, and documentation for the same data source simultaneously. The data analysis method uses an interactive model from Miles and Huberman with its components, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.    Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded that the use of video scribe based on its function as a sub-component of the informant is happy, excited, curious. While in complement, the benefits of media are able to help children to be enthusiastic about learning, increase knowledge and develop children's creativity. Then in the substitution sub-component, the benefits of videoscribe for informants include making it easier for children to learn, easier to understand, adding insight, arousing children's learning enthusiasm and attracting children's attention. Based on the guidelines, the use of videoscribe is equipped with guidebooks/guidelines, meets curriculum standards, knows the steps in using videoscribe and develops children's creativity. Based on attitudes and patterns, by looking at the behavior of children preparing before watching videoscribe, children's behavior before watching videoscribe, children's behavior while watching videoscribe, and behavior of children after watching videoscribe. Based on the procedure of how children use videoscribe and use videoscribe based on their interests, how do children express their pleasure towards such as asking the teacher to replay the video, singing together following the shows in the video, children's attention while watching is serious, calm , sometimes disturbing their friends, sleeping on the table and sometimes laughing at the pictures in the video, children's interest in videoscribe is like watching over and over again, always asking the teacher, children's involvement in using videoscribe is like observing , retell the contents of the video according to what is done everyday at home, the benefits of videoscribe for children are developing children's creativity, eliminating boredom and attracting children's attention.The use of videoscribe in symbolic thinking to know the objects around it is more optimal if researchers use videoscribe more often in learning during BDR by using video media. This can reduce boredom and boredom in learning and raise children's enthusiasm for learning.
Â
Keywords: Using Videoscribe Symbolic Thinking
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda diperbolehkan: Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.