PENGEMBANGAN VIDEOSCRIBE ASPEK KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK MENGENAL BENDA-BENDA DI SEKITARNYA (NAMA, WARNA, BENTUK, UKURAN, POLA, SIFAT, SUARA, TEKSTUR DAN CIRI LAINNYA) USIA 5-6 TAHUN DI TKK SATU ATAP RUTOSORO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.38048/imedtech.v5i1.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan media Videoscribe pada aspek kognitif berpikir simbolik mengenal benda-benda di sekitarnya pada anak usia dini. 2) Mengetahui kualitas hasil uji coba produk media pada aspek kognitif berpikir simbolik mengenal benda-benda di sekitarnya pada anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TKK Satu Atap Rutosoro, Desa Ekoroka, Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran dan 5 orang anak usia dini usia 5-6 tahun TKK Satu Atap Rutosoro. Pengembangan media videoscribe pembelajaran menggunakan model pengembangan Cathie Sherwood. Dalam dokumen elektronik yang berjudul Multimedia Pathways : A Development Methodology  for Interactive Multimedia and Online Products for Education and Training, menawarkan enam langkah/fase dalam mengembangkan produk pembelajaran interaktif yang meliputi, 1) Initiation, 2) Specifications, 3) Design, 4) Production, 5) Review and Evaluation, and 6) Delivery and Implementation (Oka, G.P.A, 2016). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Dihasilkannya media Videoscribe pada aspek kognitif berpikir simbolik mengenal benda-benda di sekitarnya pada anak usia dini. 2). Memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh hasil dengan presentase 94,6% dengan kualifikasi “ Sangat Validâ€, penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh presentase 88% dengan kualifikasi “Sangat Validâ€, penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 90,6% dengan kualifikasi “Sangat Validâ€, penilaian pada uji coba perorangan memperoleh presentase100% dengan kaulivikasi “ Sangat Valid†dan penilaian pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 86% dengan kualifikasi “Sangat Validâ€.Hasil diatas menunjukan bahwa Kualitas media videoscribe layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangan aspek kognitif berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TKK Satu Atap Rutosoro.

 

Kata Kunci : Videoscribe, Aspek Kognitif, Berpikir Simbolik,Videoscribe

Author Biography

Gde Putu Arya Oka, Citra Bakti College

ID SINTA 5975565

Published

2021-08-23

How to Cite

Oka, G. P. A., Dhengi, Y., & Dhiu, K. D. (2021). PENGEMBANGAN VIDEOSCRIBE ASPEK KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK MENGENAL BENDA-BENDA DI SEKITARNYA (NAMA, WARNA, BENTUK, UKURAN, POLA, SIFAT, SUARA, TEKSTUR DAN CIRI LAINNYA) USIA 5-6 TAHUN DI TKK SATU ATAP RUTOSORO. IMEDTECH (Instructional Media Design and Technology) E-ISNN 2580-6033 , 5(1), 15–24. https://doi.org/10.38048/imedtech.v5i1.236

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>