PENGEMBANGAN VIDEOSCRIBE PEMECAHAN MASALAHSEHARI-HARI DAN BERPERILAKU KREATIF ASPEKBERPIKIR SIMBOLIK MODEL CATHIE SHERWOODPADA ANAK USIA 5-6 TAHUNDI TKK FATIMA SOAKECAMATAN SOA KABUPATEN NGADA
DOI:
https://doi.org/10.38048/imedtech.v5i1.235Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) merancang videoscribe Pemecahan Masalah Sehari-hari pada anak usia 5-6 tahun di TKK Fatiama Soa, (2)  mengetahui tingkat kelayakan produk videoscribe Pemecahan Masalah Sehari-hari pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Cathie Sherwood. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Menentukan masalah pengembangan, (2) Mengembangkan desain pembelajaran, (3) Inisiasi produk, (4) Spesifikasi produk, (5) Desain produk, (6) Produk produksi, (7) Review & evaluasi, (8) Delivery & implementation. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Menghasilkan media pembelajaran sparkol videoscribe dalam mengenal bentuk geometri pada anak usia dini kelompok 5-6 tahun, (2) Deskripsi kelayakan media pembelajaran Sparkol Videoscribe. Hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-tara skor persentase 90,6% dinyatakan “sangat valid†dari ahli media mendapat rata-rata skor persentase 85,3%, dinyatakan “valid†ahli desain mendapatkan rata-rata skor persentase 85,3%, dikategorikan “validâ€Â buku panduan mendapatkan rata-rata skor persentase 85,71%, dinyatakan “valid†hasil uji perseorangan mendapatkan rata-rata skor persentase 83,33%, dalam kategori “validâ€, dan hasil uji kelompok kecil rata-rata mendapatkan skor persentase 87,5% dinyatakan “sangat validâ€.Berdasarkan hasil pemaparan di atas menunjukan bahwa media videoscribe layak di gunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kognitif anak usia dini dalam mengenal bentuk dasar geometri di TKK Fatima Soa.
Â
Kata kunci: Media Pembelajaran, Videoscribe, Kemampuan kognitif dan Bentuk Dasar Geometri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda diperbolehkan: Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.