PENGEMBANGAN BUKU SEBAGAI MEDIA AJAR TEKNIK BERMAIN GITAR ELEKTRIK TINGKAT DASAR

Kanzul Fikri

Sari


Pembelajaran teknik bermain gitar elektrik yang dilakukan di “Ahmad Dhani School of Rock” Surabaya, “Orbeat Smart Music” Surabaya, Yamaha Music School Surabaya, dan ekstrakulikuler di SMP Negeri 28 Surabaya masih menggunakan cara pembelajaran dengan mengutamakan pendekatan praktek. Guru yang mengajarkan teknik bermain gitar elektrik selama ini hanya memberikan contoh dan meminta siswa menirukan cara guru memainkan teknik pada permainan gitar elektrik. Penjelasan tentang cara dan langkah-langkah memainkan teknik kurang mendapat perhatian, hal ini disebabkan bermain langsung lebih mudah dari pada menjelaskan langkah-langkah memainkan teknik gitar elektrik dengan secara tulis. Sehingga siswa mengalami kesulitan jika mendeskripsikan teknik bermain gitar elektrik. Tujuan penelitian ini mengembangan buku ajar teknik bermain gitar elektrik pada pembelajaran gitar elektrik di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Resarch and Development). Penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar dengan Tingkat kelayakan isi sebesar 97% dengan kategori sangat layak, penyajian 98% dengan kategori sangat layak, bahasa 98% dengan kategori sangat layak dan kegrafikan atau desain 98% dengan kategori sangat layak. Hasil kualitas produk dilihat dari penggunanya adalah; (1) dilihat dari guru; (a) aktivitas guru berjalan dengan sangat baik dengan presentase sebesar 93% (b) respon guru berjalan dengan sangat baik dengan presentase sebesar 93%. (2) dilihat dari siswa; (a) aktivitas siswa berjalan dengan sangat baik dengan presentase sebesar 98,81% (b) hasil belajar siswa berkategori signifikan dengan presentase 99,99%. Saran dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan penelitian selanjutnya

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.2548120


JURNAL IMEDTECH | eISSN 2580-6033 |

 


Di indeks oleh:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.