PEMANFAATAN VIDEOSCRIBE ASPEK FISIK MOTORIK DALAM SETING BELAJAR DARI RUMAH (BDR) USIA 5-6 TAHUN DI TKK ST.PAULUS WAEPANA

Authors

  • Maria Mamo
  • Gde Putu Arya Oka

DOI:

https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i1.261

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan videoscribe aspek fisik motorik dalam seting belajar dari rumah usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TKK St.Paulus Waepana, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 4 orang anak usia 5-6 tahun di TKK St.Paulus Waepana. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode triangulasi, dimana peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda artinya data akan diambil dengan tiga teknik yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Metode analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan komponen-komponenya yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi  pada anak anak di TKK St Paulus Waepana data direduksi dengan cara membuat konsep mapping yakni menghubungkan tema-tema dari setiap klasifikasi fungsi pemanfaatan videoscribe. Klasifikasi fungsi pemanfaatan videoscribe tersebut terdiri dari (a) Manfaat Media Videoscribe Berdasarkan Fungsi dengan suplemen  anak sangat bangga, serius dalam mengamati videoscribe yang ada dalam video, komplemen dapat menambah wawasan anak dan anak lebih memahami materi yang ada dalam video, subsitusi anak tampak senang dan mampu menyebutkan benda-benda yang ada dalam video,(b) Manfaat Videoscribe Berdasarkan Panduandalam penggunaan media videoscribe anak-anak sangat memerlukan buku panduan agar anak mampu mengembangkan kreativitas atau ide-ide baru dan membuat anak lebih aktif dalam belajar dan dengan adanya pedoman peneliti bisa mengetahui langkah-langkah penggunaan media videoscribe. (c) Manfaat Videoscribe Berdasarkan Sikap dan Poladengan komponennya sebagai beriku:1) persiapan sebelum menonton anak memiliki rasa ingn tahu yang tinggi terhadap media, anak goyang kepala, keluar masuk kelas, 2)perilaku selama menonton anak bertanya kepada peneliti mengenai benda yang ada dalam video, anak sambil meniru menggambar benda yang ada dalam video, 4) perilaku setelah menonton anak bisa menggambar benda yang ada dalam video, menyebutkan benda yang ada video, aktif dan cepat tangkap, (d) Manfaat Videoscribe Berdasarkan Prosedurterdiri atas dua komponen yaitu bagaimana anak-anak menggunakan videoscribeanak menonton dengan serius, menonton sambil meniru gerakan yang ada dalam video, Sedangkan intensitas yakni, ada informan yang konsisten menyaksikan tayangan videoscribe dari awal dan ada informan yang tidak konsisten menonton tayangan videoscribe tersebut, (e) Manfaat Videoscribe Berdasarkan Minat tedapat beberapa komponen yaitu:1) Bagaimana ungkapan rasa senang anak terhadap media anak sambil melompat-lompat dan berteriak hore, anak tertawa sambil memeluk informan lain, duduk sambil goyang kaki, topang dagu, bernyanyi sambil tepuk tangan, 2) ketertarikan anak terhadap videoscribe, anak sangat tertarik dengan gambar yang ada dalam video dan meminta untuk memutar kembali video tersebut,4) keterlibatan anak dalam menggunakan videoscribe: anak bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman ketika menggunakan media videoscribe, sangat menghargai informan ketika bertanya, 5) manfaat videoscribe bagi anak-anak, sangat bermanfaat karena dapat menghilangkan rasa jenuh anak, memudahkan anak dalam belajar. Dihasilkan media videoscribe aspek fisik motorik anak masa pandemi covid-19 dalam seting belajar dari rumah lebih optimis jika peneliti lebih sering menggunakan media videoscribe.Hal ini dapat menambah wawasan anak, menghilangkan rasa jenuh anak, dan membangkitkan semangat belajar anak.

Kata Kunci : Pemanfaatan Videoscribe Aspek Fisik Motorik Anak

 

This study aimed to determine the use of videoscribe physical motor aspects in learning settings from home aged 5-6 years. This research was conducted at TKK St.Paulus Waepana, Soa District, Ngada Regency. In this study, the author uses qualitative descriptive research with the subject of this research being class B children, totaling 4 children aged 5-6 years at TKK St.Paulus Waepana. The research method of data collection used by the researcher is the triangulation method, where the researcher uses different data collection techniques, meaning that the data will be taken with three techniques, namely: observation, interviews, and documentation for the same data source simultaneously. The data analysis method uses an interactive model from Miles and Huberman with its components, namely: data collection, data reduction, data presentation, and concluding.Based on the data obtained through observation, interviews, and documentation on children at the St Paul Waepana Kindergarten, the data was reduced by making a concept mapping, namely connecting the themes of each classification of the use of videoscribe functions. The classification of the function of using videoscribe consists of (a) Benefits of Videoscribe Media Based on Functions withcomponents of supplementsthe child is very proud,serious in observing the videoscribe in the video, complements can add insight to the child and children better understand the material in the video, the substitution of the child looks happy and is able to mention the objects in the video, (b) Benefits of Videoscribe Based on the Guide In using videoscribe media, children really need a guide book so that children are able to develop creativity or new ideas and make children more active in learning and with the guidelines, researchers can find out the steps for using videoscribe media. (c) Benefits of Videoscribe Based on Attitudes and Patterns with the following components: 1) preparation before watching children have a high curiosity about the media, children shake their heads, go in and out of class, 2) behavior while watching children ask researchers about existing objects in the video, the child imitates drawing objects in the video, 4) behavior after watching the child can draw objects in the video, mentions objects in the video, is active and catches quickly, (d) Benefits of Videoscribe Based on Procedures consist of two components, namely how children use videoscribe, children watch seriously, watch while imitating the movements in the video, while the intensity is, there are informants who consistently watch videoscribe shows from the beginning and there are informants who don't consistently watch the videoscribe shows, (e) Benefits of Videoscribe Based on Interest has several components, namely: 1) How to express the child's pleasure at adapt the media while jumping and shouting hurray, children laughing while hugging other informants, sitting while shaking their feet, supporting their chins, singing while clapping 2) children's interest in videoscribe, children are very interested in the images in the video and ask to play back to the video, 4) the involvement of children in using videoscribe: children can create a comfortable learning atmosphere when using videoscribe media, really appreciate informants when asking questions, 5) the benefits of videoscribe for children, very useful because it can eliminate children's boredom, make it easier for children in study.The resulting videoscribe media for the physical motoric aspects of children during the COVID-19 pandemic in a learning setting from home is more optimistic if researchers use videoscribe media more often. This can increase children's knowledge, eliminate children's boredom, and raise children's enthusiasm for learning

Published

2022-06-30

How to Cite

Mamo, M., & Oka, G. P. A. (2022). PEMANFAATAN VIDEOSCRIBE ASPEK FISIK MOTORIK DALAM SETING BELAJAR DARI RUMAH (BDR) USIA 5-6 TAHUN DI TKK ST.PAULUS WAEPANA. IMEDTECH (Instructional Media Design and Technology) E-ISNN 2580-6033 , 6(1), 42–55. https://doi.org/10.38048/imedtech.v6i1.261

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>