PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN DI TK/PAUD SE-GUGUS 3 BAJAWA, KECAMATAN BAJAWA, KABUPATEN NGADA

Pulheria Meo Meka

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru-guru TK/PAUD Gugus  Bajawa 3,  Kecamatan Bajawa  dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian melalui pelaksanaan supervise akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tempat penelitian di TK/PAUD Gugus Bajawa 3 ,  Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Yang menjadi subyek dalam penelitian  ini adalah  guru  - guru TKK/PAUD  di Gugus  Bajawa 3  yang berjumlah 13 orang, yang diambil dari 4 sekolah yang mewakili 7 sekolah yang ada di gugus  Bajawa 3.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik waawancara, obeservasi kelas, dan diskusi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh dideskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutnya dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH).  Dari rata-rata nilai supervise akademik guru dalam menyusun RPPH  pada kondisi awal diperoleh 62,61 % . Pada ahir Siklus I rata – rata nilai  yang diperoleh 71,23%, di akhir siklus II  diperoleh  87,77%, dan dari kondisi awal sampai dengan akhir siklus II nilai supervisi akademik meningkat sebesar 25,16%.  Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan Pelaksanaan Supervisi akademik , maka dapat meningkat kompetensi guru dalam menyusun RPPH di TK/PAUD  Gugus Bajawa 3, Kecamatan Bajawa, TA 2018/2019


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.228


JURNAL IMEDTECH | eISSN 2580-6033 |

 


Di indeks oleh:




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.