UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AGAMA KATOLIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SDK WAEPANA KECAMATAN SOA, KABUPATEN NGADA TA 2018/2019

Dai Yasinta

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Agama Katolik  siswa kelas V SDK Waepana  dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDK Waepana   yang berjumlah 40 orang . Objek penelitian ini adalah hasil belajar Agama Katolik dan model Pembelajaran Quantum Teaching. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan instrumen penelitian berupa tes obyektif,  dan data dianalisis dengan menggunakan statistik kuantitatif. Rata – rata hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 62,25%, dengan ketuntasan klasikal 17,5%  dan rata – rata hasil belajar pada siklus II sebesar 81,25% dan ketuntasan klasikal 87,5%.  Berarti telah terjadi peningkatan hasil belajar Agama Katolik  dari siklus I ke Siklus II sebesar 18,99%  dan  pingkatan hasil belajar ini sudah melebihi KKM yang ditetapkan  yaitu 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran  Quantum  Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Agama Katolik  siswa kelas V SDK Waepana Tahun Pelajaran 2018/2019

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.2595629


JURNAL IMEDTECH | eISSN 2580-6033 |

 


Di indeks oleh:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.