UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH ) MELALUI TEHNIK LATIHAN DAN BIMBINGAN PADA GURU TK/PAUD GUGUS I KECAMATAN WOLOMEZE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Anastasia Weti

Sari


Tujuan penelitian tindakan  sekolah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran Harian melalui kegiatan latihan dan bimbingan pada guru TK/PAUD di Gugus I,  Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada, TA 2018/2019. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus. Tempat penelitian di TK/PAUD gugus I, Kecamatan Wolomeze. Subyek dalam penelitian ini adalah  guru  - guru di TK/PAUG gugus I Kecamatan Wolomeze   yang berjumlah 6 orang.  Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara,  obeservasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif.  Data kuantitatif yang diperoleh dideskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutnya dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Kelas.  Dari rata-rata nilai  dalam  menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH)    pada kondisi awal diperoleh 59% berada pada kategori kurang . Pada ahir Siklus I rata – rata nilai  yang diperoleh 67,83% berada pada kategori cukup,  di akhir siklus II  diperoleh  84,67%, berada pada kategori baik. Dari kondisi awal sampai dengan akhir siklus II nilai kemampuan guru dalam meyusun RPPH  meningkat sebesar 25,67%.   Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanaka latihan dan bimbingan, maka dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) pada Guru TK/PAUD di Gugus I , Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada TA 2018/2019.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.2548908


JURNAL IMEDTECH | eISSN 2580-6033 |

 


Di indeks oleh:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.