ANALISIS TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MENGGUNAKAN SIMULASI PHET

I Nyoman Try upayogi

Sari


Kemandirian belajar memiliki pengaruh besar dalam pencapaian belajar peserta didik. Penelitian tentang kemandirian belajar merupakan suatu hal yang penting untuk merencanakan pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik pada mata kuliah konsep dasar IPA II menggunakan media belajar virtual laboratorium. Kemandirian belajar pada penelitian ini terdiri dari tiga dimensi yaitu pengelolaan diri, keinginan untuk belajar, dan kontrol diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar peserta didik berada pada kualifikasi tinggi. Rata-rata dimensi kontrol diri peserta didik masih berada pada kualifikasi sedang. Dalam pembelajaran mengunakan media PhET, terdapat keinginan untuk belajar dan kontrol diri peserta didik yang berada pada kualifikasi sangat kurang

Autonomous learning has influence in learning achievement. Research on autonomous learning of studensts is an important thing before design a lesson plan. The aim of this research is to describe the autonomous learning in subject of konsep dasar IPA II which use virtual laboratory on learning activities. In this research,  autonomous learning consists  three dimensions i.e. self-management, desire for learning, and self-control. The results showed that the average of students' autonomy learning is in high qualification. The average of self-control dimension of learners is still in the medium qualifications. In learning using PhET application, there are a students has very poor qualifications in desire for  learning and self-control


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.2548130


JURNAL IMEDTECH | eISSN 2580-6033 |

 


Di indeks oleh:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.